Sunday 19 February 2017

Wisata Gunung Sindoro Temanggung

Wisata Gunung Sindoro , ya gunung sindoro merupakan salah satu gurung berapi yang masih aktif di Pulau Jawa, gunung sindoro ini terletak... thumbnail 1 summary
Wisata Gunung Sindoro, ya gunung sindoro merupakan salah satu gurung berapi yang masih aktif di Pulau Jawa, gunung sindoro ini terletak di Kabupaten Temanggung Provinsi Jawa Tengah. Gunung Sindoro ini memiliki ketinggian sekitar 3.150 meter dan sekitar 10.335 kaki dari permukaan laut dengan ketinggiannya dan indahnya alam tersebet maka banyak pendaki yang ingin mencoba sensasi dan mengeksplor gunung berapi Sindoro tersebut.
Selain gunung sindoro sebetulnya ada satu gunung lagi yang berada di Temanggung yaitu gunung sumbing kedua gunung tersebut memang saling berdekatan, sangat elok jika dilihat dari kejauhan kedua gunung tersebut. Memang Sang pencipta menciptakan suatuhal dengan keindahan dan kelebihannya. Rute untuk menuju sindoro jika kalian dari arah jogja anda bisa gunakan jalur magelang - wonosobo, dan jika dari arah barat anda bisa lewat jalur banjarnegara-wonosobo, jika kalian dari arah semarang ada bisa melewati jalur alternatif menuju temanggung.
Nah Sekarang saya akan ceritakan pengalaman menarik ketika kami akan mendaki gunung sindoro tersebut. Semua berawal ketika akhir pekan tiba dan ketika semua orang binggung untuk mengisi hari libur untuk melakukan hal apa, nah maka terbesit dalam pemikiran salah satu teman untuk mendaki gunung , tetapi sayangnya kita dia mempunyai ide tersebut kami belum tau gunung apa yang akan kita daki. Karena kami berasal dari jogja dan jika kita mendaki gunung Merapi atau gunung Merbabu itu adalah yang sudah biasa maka hari itu pun kita pastikan untuk mendaki gunung sindoro yang ada di Kabupaten Temanggung.
Ya Semua memang serba dadakan dan sangat kurang persiapan tetapi karena semua sudah sering mendaki jadi hal semacam itu sudah sangat biasa, mungkin hal seperti ini juga yang dilakukan para backpaker dalam menjelajahi suatu tempat mereka tidak merencanakan jauh-jauh hari hehehe. kita lanjutkan. setelah tempat yang kita tuju sudah pasti maka di hari itu juga kita menyiapkan peralatan untuk pendakian seperti tenda, alat masak dan lain-lainnya.
Kami berangkat dari kota jogja sudah sangat sore sekali kira-kira pukul 04.00 sore, padahal tempat yang kita akan tuju sama sekali belum ada yang tahu posisinnya dimana, kita hanya mengandalkan salah satu teman yang tau jalan untuk menuju daerah Temanggung. Ya beginilah resiko jika kita tidak merencanakan sesuatu hal, tetapi hal tersebut malah mengasikkan bagi kami hehehe. Kitapun akirnya berangkat dan mengikuti arahan dari salah satu teman kita, tak semulus yang kita duga banyak masalah yang terjadi ketika diperjalanan dari kita tersesah dan lainnya.
Singkat cerita kita pun akhirnya sudah sampai di tujuan kira pukul 08.00 itu terlalu lama untuk ditempuh padahal biasanya untuk perjalanan Jogja – wonosobo hanya 2,5 jam saja. Karena sudah malam kita pun akhirnya langsung menuju basecamp yang pertama untuk melakukan pendaftaran kepada pengelola daerah tersebut. Dan kita mulai berdoa untuk perjalanan pendakian ini dan go kitapun langsung naik.
Dengan badan yang masih sangat lelah karena perjalanan yang cukup jauh, kitapun berlahan – lahan menyusuri jalan pendakian, ya semua terasa biasa saja ketika kita menuju ke basecamp yang kedua perjalanan masih sangat landai dan belum ada rintangan yang berarti, tetapi setelah basecamp yang kedua maka pendakian yang sebenarnya baru kita lakukan. Untuk medan di gunung sindoro ini bisa dibilang cukup menguras tenaga karena medan yang ada terdiri dari tanjakan berbatuan semua, tidak ada landai – landainnya, heheh. Tetapi dengan perjalanan tersebut jika kita lakukan dengan senang hati dan juga saling bercanda dengan teman maka semua medan yang cukup berat sama sekali tidak berasa.

Berjalan mendaki terus dan terus dan Kita akhirnya sampai juga di basecamp ketika kira-kira pukul 03.00 dinihari. Taara semua diluar perkiraan yang tadinya kita sudah rencanakan, untuk basecamp ketiga ini memang merupakan basecamp terakhir jadi semua pendaki telah mendirikan tenda-tenda disini dan akhirnnya kitapun tidak ada tempat untuk mendirikan tenda alhasil kita hanya bisa beristirahat di tempat-tempat yang rimbun dengan rerumputan dan dijalur aliran air yang kering, semua itu dikarenakan udara disana memang sangatlah dingin ,tetapi ada juga teman yang tidak beristirahat mereka mencoba membuat api unggun untuk menghilangkan rasa dingin yang menusuk tulang sambil menunggu sunrise, ternyata benar saja tidak lama kemudian yang kita tunggu akhirnya menampakkan cahayannya yaitu matahari sudah mulai muncul dari arah timur dan pemangangan jadi sangat indah dengan menampilkan gunung – gunung disisi lain. memang kuasa sangat pencipta benar-benar tiada duannya.

Setelah semua pemandangan yang indah itu kita nikmati akhirnya kita putuskan untuk melanjutkan menuju puncak sindoro. Badan memang terasa sangat lelah tapi keinginan untuk bisa sampai puncak sindoro itu yang membuat kami merasa bahwa perjalanan tersebut sangatlah menarik dan menantang. Memang benar sepanjang perjalanan pemandangan disekitar sangatlah indah apalagi ketika ada awan yang lewat kita berasa seperti diatas awan atau negeri diatas awan heheh. Akhirnya kita sampai puncak dan semua rasa lelah terbayar dengan kepuasan dari indahnnya pemandangan dari Puncak sindoro.

Sekian pengalaman menarik yang bisa saya share ke temen-teman memang ketika kita mendaki sebuah gunung maka rasa bahwa diri kita itu tidak ada apa-apanya dibandingkan Tuhan itu sangat berasa, selain itu juga kita bisa mengenal lebih jauh tentang diri kita sebenarnya. Dan initnya juga ketika kita mengunjungi tempat baru jangan sampai kita meningalkan hal apapun itu kecuali kenangan yang indah. Oke sekian salam Traveller.